(0342) 815208

info@smkkademangan.sch.id

Pengumuman

Alumni

E-Learning

Mitra DuDi

BKK

Kurikulum

Mengenal MikroTik Academy

Prestasi SMKN 1 Kademangan

MikroTik Academy adalah sebuah program yang disiapkan untuk jalur pendidikan, yaitu Politeknik/ universitas/ sekolah kejuruan dan sejenisnya untuk mempelajari MikroTik. Kelas MikroTik akan banyak menggunakan LAB-Komputer layaknya Pelatihan Sertifikasi MikroTik dan akan terdapat Ujian untuk mengukur seberapa jauh kemampuan yang di miliki siswa (Sekolah diharapkan mempunyai ruangan LAB dan koneksi Internet).

Pendidikan dan pelatihan di bidang Teknologi Informasi (IT) telah menjadi semakin penting di era digital ini . Dalam bidang jaringan Salah satu platform yang akan telah muncul untuk memenuhi kebutuhan ini adalah MikroTik Akademy yakni merupakan Program yang diperuntukkan bagi lembaga pendidikan seperti universitas, sekolah teknik, perguruan tinggi, sekolah kejuruan, dan lembaga pendidikan lainnya.

Program Pelatihan Lanjutan

MikroTik Akademi menawarkan berbagai program pelatihan yang mencakup berbagai tingkatan dan topik. Beberapa program pelatihan yang umum termasuk:

1. MTCNA (MikroTik Certified Network Associate): Ini adalah program dasar yang memberikan pemahaman mendasar tentang produk dan teknologi MikroTik.

2. MTCRE (MikroTik Certified Routing Engineer): Program ini lebih lanjut menggali topik-topik jaringan dan konfigurasi router.

3. MTCTCE (MikroTik Certified Traffic Control Engineer) : Program ini fokus pada kepada fitur Traffic Control di MikroTik, bagaimana melakukan konfigurasi dan juga troubleshooting nya.

4. MTCSWE (MikroTik Certified Switching Engineer) program ini focus pada fitur Layer 2 / Switching di MikroTik pada CRS3xx/CSS3xx, bagaimana melakukan konfigurasi dan juga troubleshooting nya.

5. MTCSE (Mikrotik Certified Security Engineer) : Program ini fokus membahas tentang Security di Mikrotik

6. MTCIPv6E Program ini Program ini fokus perencanaan dan implementasi IPv6 menggunakan perangkat MikroTi

7. MTCUME (MikroTik Certified User Management Engineer): Ini adalah program yang membahas tentang RADIUS Server dan fitur khusus di paket User Manager milik MikroTik RouterOS.

8. MTCEWE (MikroTik Certified Enterprise Wireless Engineer): Program ini focus pada fitur Wireless (Indoor) di MikroTik, bagaimana melakukan konfigurasi dan juga troubleshooting nya.

9. MTCWE (MikroTik Certified Wireless Engineer): Program ini fokus pada jaringan nirkabel dan konfigurasi perangkat nirkabel MikroTik.

10. MTCINE (MikroTik Certified Inter-networking Engineer): Program ini menggali topik interkoneksi jaringan dan perangkat yang lebih kompleks.

Program Pelatihan Mikrotik

Tujuan MikroTik Akademi

Tujuan utama MikroTik Akademi adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang jaringan komputer dan teknologi informasi. Selain tujuan utama terdapat tujuan lainnya sebagai berikut:

  1. Mendukung Pertumbuhan Profesional: MikroTik Akademi memberikan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas kepada para profesional IT. Program-program yang disediakan membantu peserta dalam membangun karir yang sukses dalam bidang jaringan dan komunikasi data.
  2. Menghasilkan Tenaga Ahli: Akademi ini menciptakan lingkungan di mana peserta dapat mengembangkan pemahaman mendalam tentang produk MikroTik, sehingga mereka dapat menjadi ahli dalam mengelola, mengonfigurasi, dan memelihara perangkat MikroTik.
  3. Mendukung Ekosistem MikroTik: Melalui pelatihan yang diberikan, MikroTik Akademi membantu dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman umum tentang produk MikroTik. Hal ini mendukung pertumbuhan ekosistem MikroTik dan membantu perusahaan dan penyedia layanan yang menggunakan solusi MikroTik.
  4. Meningkatkan Kualitas Jaringan: Dengan meningkatkan kualitas tenaga kerja di bidang jaringan, MikroTik Akademi juga berkontribusi dalam meningkatkan kualitas jaringan yang digunakan oleh organisasi dan penyedia layanan di seluruh dunia.

Manfaat MikroTik Akademi

Partisipasi dalam program-program MikroTik Akademi dapat memberikan sejumlah manfaat signifikan, baik bagi individu maupun organisasi. Beberapa manfaat utama termasuk:

  1. Sertifikasi Resmi: Peserta yang berhasil menyelesaikan program pelatihan Mikrotik Akademi memiliki kesempatan untuk mendapatkan sertifikasi resmi MikroTik. Ini adalah pengakuan yang diakui secara global atas kemampuan dan pengetahuan dalam mengelola perangkat MikroTik.
  2. Pengetahuan Mendalam: Program pelatihan MikroTik Akademi dirancang untuk memberikan pengetahuan mendalam tentang produk MikroTik, termasuk router dan perangkat lunak jaringan mereka. Ini memungkinkan peserta untuk lebih efektif dalam mengelola jaringan dan infrastruktur IT mereka.
  3. Koneksi dan Jejaring: Selama pelatihan, peserta dapat berinteraksi dengan sesama profesional IT dan instruktur yang berpengalaman. Ini dapat membantu dalam membangun jaringan profesional yang kuat yang dapat bermanfaat dalam karir dan pengembangan bisnis.
  4. Peningkatan Karir: Sertifikasi MikroTik dan keterampilan yang diperoleh melalui MikroTik Akademi dapat membantu dalam meningkatkan peluang karir. Banyak organisasi mencari profesional yang memiliki pemahaman yang kuat tentang produk MikroTik.

SMKN 1 Kademangan

Jl. Sadewo No. 01 Kademangan Blitar
Kode Pos 66161 Jawa Timur
Telp. /Fax (0342) 815208 email: smkkademangan@yahoo.co.id