(0342) 815208

info@smkkademangan.sch.id

Pengumuman

Alumni

E-Learning

Mitra DuDi

BKK

Kurikulum

LOKA KARYA 7 PPGP ANGKATAN 9 KABUPATEN BLITAR

Lima Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9 Kabupaten Blitar beserta tiga pengajar praktik dari SMKN 1 Kademangan berpartisipasi dalam Loka Karya 7 Panen Hasil Belajar Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 9 Kabupaten Blitar, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Tahun 2024 yang diselenggarakan di SMAN 1 Sutojayan, pada Sabtu, 28 April 2024. Melalui Lokakarya ini, diharapkan para peserta akan semakin terampil dalam mengembangkan program-program pendidikan yang inovatif dan berdampak positif bagi peserta didik, dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan merata bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Program Guru Penggerak merupakan salah satu kebijakan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim. Kemendikbudristek berharap bahwa guru penggerak terpilih dapat menjalankan lima peran utama antara lain yaitu menggerakkan komunitas belajar bagi para guru di daerahnya, menjadi pengajar praktik bagi rekan guru sejawat, dan mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah. Dalam lingkup yang lebih luas, peran guru penggerak adalah membuka ruang diskusi positif antar pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being (kebahagiaan dan kesejahteraan) ekosistem pendidikan di sekolah.

Bupati Blitar menghadiri Loka Karya ke-7 CGP Angkatan 9 Kabupaten Blitar
Kepala SMKN 1 Kademangan Bapak Hadi Sucipto, M.Pd menghadiri Loka Karya
Foto bersama pengajar praktik dengan Bp. M. Toni Satria Dugananda, ST., M.M. (Bidang Monitoring dan Evaluasi – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi /PPID BBGP Jatim) dan drh. Adi Andaka, M.Si (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar)

Keberadaan pengajar praktik yang mendampingi guru penggerak memiliki peran cukup krusial untuk menjaga keberlangsungan dan ritme program yang dijalankan. Selain memberikan pendampingan, pengajar praktik dapat berbagi praktik baik pembelajaran, mengevaluasi dan memberikan umpan balik atau feedback kepada calon guru penggerak yang berada di bawah bimbingannya. Dengan demikian, para calon guru penggerak dapat tetap berada di jalur yang tepat hingga menyelesaikan program pelatihan.

Kunjungan Bupati Blitar di stand 277 & 292 CGP Angkatan 9 Kabupaten Blitar, berdialog tentang tema Kearifan Lokal di Era Modernisasi dengan CGP Siti Zainab, S.Pi dari SMKN 1 Kademangan.
Bupati Blitar bersama CGP Dwi Mulyanti, S.TP dari SMKN 1 Kademangan
Sebagian CGP Angkatan 9 dan GP Angkatan 4 dari SMKN 1 Kademangan
Guru penggerak dari SMKN 1 Kademangan pada angkatan ke-4 (Tahun 2022) yaitu Ibu Risma Listiawati, S.Pd., Ibu Sri Utami, S.Pd, Ibu Farida Kristiani, S.Pt, Bapak Kalim Mustofa, S.Pd; Bapak Muroqib, S.Pi;  dan Bapak Agus Setyo Widodo, S.Kom.
CGP Angkatan 9 (belakang) dan pengajar praktik (depan) dari SMKN 1 Kademangan

Menurut Bupati Blitar yang turut menghadiri Loka Karya tersebut, saat ini kabupaten Blitar telah menyelesaikan pendidikan guru penggerak di angkatan ke-9 dengan jumlah CGP 185, didampingi 15 fasilitator serta Pengajar Praktik sejumlah 31 orang, yang berasal dari berbagai latar belakang instansi baik Dosen, Kepala Sekolah, serta praktisi pendidikan. Guru penggerak diharapkan bisa berperan sebagai agen pendorong transformasi pendidikan di Indonesia khususnya Kabupaten Blitar agar terwujud masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

SMKN 1 Kademangan

Jl. Sadewo No. 01 Kademangan Blitar
Kode Pos 66161 Jawa Timur
Telp. /Fax (0342) 815208 email: smkkademangan@yahoo.co.id